Jumat, 29 November 2019





Mengenal Jenis-jenis Jambu Air

 Assalamu'alaikum sahabat pencinta jambu air.....  Apa kabar semua?   Semoga hari - hari indah selalu menemani kita semua, aamiin.
Pada tulisan kali ini saya ingin mengajak sahabat untuk lebih mengenal jenis-jenis jambu air. Dengan mengenalnya diharapkan sahabat bisa menentukan pilihan kala ingin memiliki tanaman jambu air.

Mengambil tulisan dari beberbagai sumber disebutkan bahwaJambu air merupakan salah satu tanaman buah unggulan yang termasuk dalam suku jambu-jambuan atau Myrtaceae yang berasal dari Asia Tenggara. Tanaman buah jambu air memiliki keunggulan dengan rasa buahnya yang manis dan menyegarkan karena kangdungan air yang cukup tinggi sehingga sangat cocok sebagai cemilan sehat dikala rasa ngantuk dan suntuk datang. Buah Jambu air biasa dapat dikonsumsi secara lansung ketika sudah matang atau disajikan sebagai buah meja. Selian itu, buah jambu air juga sering dijadikan sebagai salah satu bahan rujak. Aneka jenis jambu ini juga dapat disetup atau dijadikan asinan.
Tanaman pemilik nama latin Syzygium aqueum ini termasuk jenis tanaman perdu dengan tinggi 3-10 m. Batangnya berbentuk bengkak-bengkok dan bercabang mulai dari pangkal pohon, kadang-kadang gemangnya mencapai 50 cm. Daunnya tunggal terletak berhadapan, bertangkai. Helaian daun mempunyai bentuk jantung jorong sampai bundar telur terbalik lonjong dan sedikit berbau aromatis apabila diremas. 

Sekedar informasi awal, jenis-jenis jambu air diantaranya adalah jambu madu deli hijau, jambu air  kesuma, jambu air citra, jambu air delima, jambu king rose, dan jambu air cincalo merah.

Apa saja sih perbedaan dan ciri masing-masing jenis jambu air ?, yuk kita lihat dalam video berikut ini..





Bagaimana sahabat....., setelah menyaksikan video tadi, muncul keinginan untuk memiliki dan menanam sendiri tanaman ini kan?  
Jika berminat, silahkan datang langsung ke rumah bagi sahabat yang berada  di wilayah kotabumi, Lampung Utara.  Boleh dilihat-lihat aneka ukuran bibit jambu madu hijau-nya....  Harga bervariasi tergantung ukuran tanaman , dan pastinya harga bersahabat....

Oke sahabat penggemar dan pencinta jambu air....., cukup sampai di sini tulisan saya kali ini. Semoga bermanfaat dan,,,, sampai bertemu lain waktu dengan tulisan lainnya. 
Terima kasih sudah mampir di blog ini.
Wassalamu'alaikum.......


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tugas 3.3.a.10. Aksi Nyata - Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid

 Program Praktek Pengolahan Bahan Pangan (Protek Pebangan) Oleh : Ilah Armilah, S. E. Guru Prakarya dan IPS SMP Islam Ibnu Rusyd Kotabumi CG...