Senin, 15 Juli 2019



https://drive.google.com/file/d/18Pvxc4IHhZK4ksAwDfZ9Iy93egup1M4n/view

KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN/MADRASAH ALIYAH KEJURUAN Bidang Keahlian : Bisnis dan Manajemen Program Keahlian : Akuntansi dan Keuangan Kompetensi Keahlian : Perbankan Syariah (C1) Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler. Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik. Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut. KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN) KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN) 3. Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup Simulasi dan Komunikasi Digital, dan Dasar Bidang Bisnis dan Manajemen pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga 4. Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan lingkup Simulasi dan Komunikasi Digital, dan Dasar Bidang Bisnis dan Manajemen. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN) KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN) masyarakat nasional, regional, dan internasional. ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Mata Pelajaran : Simulasi dan Komunikasi Digital Jam Pelajaran : 108 JP (@ 45 Menit) KOMPETENSI DASAR KOMPETENSI DASAR 3.1 Menerapkan logika dan algoritma komputer 4.1 Menggunakan fungsi-fungsi perintah (Command) 3.2 Menerapkan metode petaminda 4.2 Membuat peta-minda 3.3 Mengevaluasi paragraf deskriptif, argumentatif, naratif dan persuasif 4.3 Menyusun kembali format dokumen pengolah kata 3.4 Menerapkan logika dan operasi perhitungan data 4.4 Mengoperasikan perangkat lunak pengolah angka 3.5 Menganalisis fitur yang tepat untuk pembuatan slide 4.5 Membuat slide untuk presentasi 3.6 Menerapkan teknik presentasi yang efektif 4.6 Melakukan presentasi yang efektif 3.7 Menganalisis pembuatan ebook 4.7 Membuat e-book dengan perangkat lunak e-book editor 3.8 Memahami konsep Kewargaan Digital 4.8 Merumuskan etika Kewargaan Digital 3.9 Menerapkan teknik penelusuran Search Engine 4.9 Melakukan penelusuran informasi 3.10 Menganalisis komunikasi sinkron dan asinkron dalam jaringan 4.10 Melakukan komunikasi sinkron dan asinkron dalam jaringan 3.11 Menganalisis fitur perangkat lunak pembelajaran kolaboratif daring 4.11 Menggunakan fitur untuk pembelajaran kolaboratif daring (kelas maya) 3.12 Merancang dokumen tahap pra-produksi 4.12 Membuat dokumen tahap pra-produksi 3.13 Menganalisis produksi video, animasi dan/atau musik digital 4.13 Memproduksi video dan/atau animasi dan/atau musik digital 3.14 Mengevaluasi pasca-produksi video, animasi dan/atau musik digital 4.14 Membuat laporan hasil pasca-produksi Mata Pelajaran : Ekonomi Bisnis Jam Pelajaran : 72 JP (@ 45 Menit) KOMPETENSI DASAR 3 KOMPETENSI DASAR 4 3.1 Mengevaluasi masalahmasalah ekonomi 4.1 Memberikan solusi terhadap masalah ekonomi dilingkungannya 3.2 Menganalisis kelangkaan (hubungan antara sumber daya dengan kebutuhan manusia) 4.2 Memberikan solusi terhadap kelangkaan sumberdaya dan kebutuhan manusia dilingkungannya 3.3 Memahami Model, pelaku ekonomi, perilaku konsumen dan produsen dalam kegiatan ekonomi 4.3 Melakukan pengelompokkan model, pelaku ekonomi, perilaku konsumen dan produsen yang sesuai tuntutan perkembangan usaha 3.4 Menerapkan hukum permintaan, penawaran, konsep elastisitas dan harga keseimbangan pasar 4.4 Menentukan tingkat elastisitas permintaan, penawaran dan harga keseimbangan pasar suatu produk 3.5 Menerapkan langkah-langkah perhitungan biaya produksi dan keuntungan (teori biaya) 4.5 Melakukan perhitungan biaya produksi, dan keuntungan dalam kegiatan usaha 3.6 Memahami pasar monopoli, monopolistik dan oligopoly 4.6 Melakukan pengelompokkan pasar monopoli, monopolistik dan oligopoly 3.7 Menganalisis bentuk-bentuk badan usaha 4.7 Memilih bentuk-badan usaha yang sesuai dengan sistem ekonomi nasional 3.8 Menganalisis potensi usaha kecil dan menengah 4.8 Membuat rancangan usaha kecil/menengah sesuai potensi lingkungannya 3.9 Memahami Lembaga Keuangan 4.9 Mengklasifikasikan berbagai lembaga keuangan milik pemerintah dan swasta sesuai perkembangannya 3.10 Memahami hak dan kewajiban tenaga kerja berdasarkan undang-undang ketenagakerjaan 4.10 Melakukan identifikasi hak dan kewajiban tenaga kerja di lingkungan kerja 3.11 Menerapkan pembuatan dokumen perdagangan dalam dan luar negeri 4.11 Membuat dokumen yang diperlukan dalam lalulintas perdagangan dalam dan luar negeri KOMPETENSI DASAR 3 KOMPETENSI DASAR 4 3.12 Menerapkan ilmu ekonomi dalam kegiatan usaha 4.12 Menggunakan konsep ilmu ekonomi dalam kegiatan usaha Mata Pelajaran : Administrasi Umum Jam Pelajaran : 72 JP (@ 45 Menit) KOMPETENSI DASAR KOMPETENSI DASAR 3.1 Memahami administrasi 4.1 Mengelompokan jenis-jenis administrasi 3.2 Menganalisis jabatan, tugas, dan uraian pekerjaan pada kegiatan administrasi 4.2 Membuat uraian tugas setiap tingkatan jabatan pada kegiatan administrasi 3.3 Menerapkan persyaratan personil administrasi 4.3 Menyusun persyaratan personil administrasi 3.4 Menganalisis struktur organisasi 4.4 Membuat struktur organisasi sesuai kebutuhan 3.5 Memahami fungsi-fungsi manajemen 4.5 Mengklasifikasikan fungsifungsi manajemen 3.6 Menerapkan pencatatan surat/dokumen masuk dan keluar 4.6 Melakukan pencatatan surat/dokumen masuk dan keluar 3.7 Menerapkan penataan surat/dokumen 4.7 Melakukan penataan surat/dokumen sesuai sistem yang berlaku 3.8 Menerapkan penggunaan peralatan kantor dalam kegiatan administrasi 4.8 Menggunakan peralatan kantor dalam kegiatan administrasi 3.9 Menerapkan tata ruang kerja/kantor (Office Layout) 4.9 Melakukan penataan ruang kerja/kantor (Office Layout) 3.10 Menerapkan komunikasi di tempat kerja 4.10 Melakukan komunikasi di tempat kerja 3.11 Menerapkan pencatatan keuangan sederhana 4.11 Melakukan pencatatan keuangan sederhana 3.12 Mengevaluasi kegiatan administrasi kantor 4.12 Membuat laporan kegiatan administrasi kantor Mata Pelajaran : IPA Jam Pelajaran : 72 JP (@ 45 Menit) KOMPETENSI DASAR KOMPETENSI DASAR 3.1. Memahami gejala alam biotik dan abiotik 4.1. Mengklasifikasikan gejala alam biotik dan abiotik 3.2. Menerapkan prosedur mitigasi bencana alam 4.2. Melakukan simulasi mitigasi bencana alam yang terjadi di lingkungan sekitar 3.3. Memahami materi dan perubahannya 4.3. Melakukan identifikasi perubahan materi di lingkungan 3.4. Memahami komponenkomponen dan bentuk interaksi dalam ekosistem 4.4. Mengklasifikasikan komponen-komponen ekosistem dan bentuk interaksi dalam ekosistem 3.5. Menganalisis keseimbangan lingkungan 4.5. Merumuskan upaya dalam menjaga keseimbangan lingkungan kerja 3.6. Menganalisis limbah di lingkungan sekitar 4.6. Melakukan penanganan limbah di lingkungan sekitar 3.7. Menganalisis polusi di lingkungan sekitar 4.7. Melakukan pencegahan terjadinya polusi di lingkungan sekitar 3.8. Mengevaluasi AMDAL 4.8. Melakukan kajian tentang AMDAL pada lingkungan sekitar 3.9. Menerapkan kesehatan, keamanan dan keselamatan kerja 4.9. Melakukan pencegahan bahaya/kecelakaan di lingkungan kerja KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN/MADRASAH ALIYAH KEJURUAN Bidang Keahlian : Bisnis dan Manajemen Program Keahlian : Akuntansi dan Keuangan Kompetensi Keahlian : Perbankan Syariah (C2) Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler. Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik. Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut. KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN) KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN) 3. Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Dasar-dasar Akuntansi dan Keuangan pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari 4. Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang Dasar-dasar Akuntansi dan Keuangan. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN) KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN) keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional. secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Mata Pelajaran : Etika Profesi Jam Pelajaran : 72 JP (@ 45 Menit) KOMPETENSI DASAR KOMPETENSI DASAR 3.1 Memahami entitas yang termasuk dalam sektor industri jasa keuangan dan bidang-bidang usaha serta jenis-jenis kepemilikannya. 4.1 Melakukan pengelompokan entitas yang termasuk dalam sektor industri jasa keuangan dan bidang-bidang usaha serta jenis-jenis kepemilikannya 3.2 Memahami pedoman, prosedur dan aturan berkaitan dengan industry jasa keuangan dan profesiprofesi yang ada dalam industry jasa keuangan 4.2 Melakukan identifikasi pedoman, prosedur dan aturan yang berkaitan dengan industry jasa keuangan dan profesi-profesi yang ada dalam industry jasa keuangan 3.3 Menganalisis etika profesi dalam bidang akuntansi dan keuangan 4.3 Melakukan pengecekan etika profesi dalam bidang akuntansi dan keuangan dalam pelaksanaan pekerjaan 3.4 Menganalisis kompetensi personal dalam bidang akuntansi dan keuangan 4.4 Melakukan identifikasi kompetensi personal dalam bidang akuntansi dan keuangan 3.5 Menganalisis kecelakaan kerja dalam bidang akuntansi dan keuangan 4.5 Melakukan penanganan terhadap faktor resiko bahaya/ kecelakaan kerja untuk mencegah kecelakaan dalam bekerja 3.6 Menganalisis kesehatan di lingkungan kerja 4.6 Melakukan pengecekan kesehatan di lingkungan kerja 3.7 Menganalisis penyakit akibat kerja 4.7 Melakukan pencegahan terjadinya penyakit akibat kerja 3.8 Menerapkan komunikasi bisnis 4.8 Melakukan komunikasi bisnis 3.9 Mengevaluasi kendalakendala komunikasi bisnis 4.9 Memberikan solusi dalam mengatasi kendala komunikasi bisnis 3.10 Mengevaluasi kegiatan etika profesi 4.10 Membuat laporan kegiatan etika profesi Mata Pelajaran : Aplikasi Pengolah Angka/Spreadsheet Jam Pelajaran : 108 JP (@ 45 Menit) KOMPETENSI DASAR KOMPETENSI DASAR 3.1 Menerapkan paket program pengolah angka/spreadsheet yang ditetapkan oleh perusahaan 4.1 Mengoperasikan paket program pengolah angka/spreadsheet 3.2 Menganalisis data 4.2 Mengolah Data 3.3 Menganaalisis data berdasarkan karakter sel 4.3 Mengolah data berdasarkan karakter sel 3.4 Menganalisis data berdasarkan rumus matematik 4.4 Mengolah data berdasarkan rumus matematik 3.5 Menganalisis data berdasarkan rumus statistik 4.5 Mengolah data dengan rumus statistik 3.6 Menganalisis data berdasarkan umus finansial 4.6 Mengolah data dengan rumus finansial 3.7 Menerapkan rumus date-time 4.7 Menggunakan rumus datetime untuk mengolah data 3.8 Menganalisis data berdasarkan rumus grafik 4.8 Mengolah data dengan fungsi grafik 3.9 Menganalisis data berdasarkan rumus semi absolut, absolut dan logika 4.9 Mengolah data menggunakan rumus semi absolut, absolut dan logika 3.10 Menganalisis berbagai rumus spreadsheet sesuai kebutuhan 4.10 Membuat format aplikasi spreadsheet sesuai kebutuhan 3.11 Menerapkan format aplikasi buku jurnal umum, buku besar dan buku besar pembantu 4.11 Membuat format aplikasi buku jurnal Umum, buku besar dan buku besar pembantu 3.12 Menerapkan format aplikasi neraca lajur 4.12 Membuat format aplikasi neraca lajur 3.13 Menerapkan format aplikasi laporan keuangan (Neraca, laba rugi, perubahan modal dan laporan lainnya) 4.13 Membuat format aplikasi laporan keuangan (neraca, laba rugi, perubahan modal dan laporan lain) 3.14 Menerapkan format aplikasi program pengolah angka/spreadsheet untuk 4.14 Membuat format aplikasi program pengolah angka/spreadsheet untuk KOMPETENSI DASAR KOMPETENSI DASAR siklus akuntansi perusahaan jasa dan dagang siklus akuntansi perusahaan jasa dan dagang 3.15 Mengevaluasi kegiatan keuangan dengan aplikasi pengolah angka 4.15 Membuat laporan keuangan dengan aplikasi pengolah angka Mata Pelajaran : Akuntansi Dasar Jam Pelajaran : 180 JP (@ 45 Menit) KOMPETENSI DASAR KOMPETENSI DASAR 3.1 Memahami pengertian, tujuan, peran akuntansi dan pihak-pihak yang membutuhkan informasi akuntansi 4.1 Mengelompokkan pihakpihak yang membutuhkan informasi akuntansi sesuai perannya 3.2 Memahami jenis-jenis profesi akuntansi (bidang-bidang spesialisasi akuntansi, pentingnya etika profesi) 4.2 Mengelompokkan profesi akuntansi (bidang-bidang spesialisasi akuntansi, pentingnya etika profesi) 3.3 Memahami jenis dan bentuk badan usaha 4.3 Mengelompokkan jenis dan bentuk badan usaha 3.4 Memahami asumsi, prinsipprinsip dan konsep dasar akutansi. 4.4 Mengelompokkan asumsi, prinsip-prinsip dan konsep dasar akutansi. 3.5 Memahami siklus akuntansi 4.5 Mengelompokkan tahapan siklus akuntansi 3.6 Menerapkan persamaan dasar akuntansi 4.6 Membuat persamaan dasar akuntansi 3.7 Memahami transaksi bisnis perusahaan baik perusahaan jasa, dagang dan manufacture 4.7 Mengelompokkan transaksi bisnis perusahaan baik perusahaan jasa, dagang dan manufacture 3.8 Menerapkan jurnal, konsep debet dan kredit, saldo normal, sistematika pencatatan dan bentuk jurnal 4.8 Melakukan pencatatan buku jurnal, konsep debet dan kredit, saldo normal, sistematika pencatatan dan bentuk jurnal 3.9 Menerapkan buku besar 4.9 Melakukan pencatatan buku besar 3.10 Menganalisis jurnal penyesuaian 4.10 Membuat jurnal penyesuaian 3.11 Menganalisis perkiraan untuk menyusun neraca lajur sebagai pembantu dalam membuat laporan keuangan 4.11 Menyusun laporan keuangan Mata Pelajaran : Perbankan Dasar Jam Pelajaran : 108 JP (@ 45 Menit) KOMPETENSI DASAR KOMPETENSI DASAR 3.1 Memahami perbankan di Indonesia 4.1 Melakukan klasifikasi perbankan di Indonesia 3.2 Memahami persyaratan dan pendirian bentuk badan hukum bank 4.2 Melakukan identifikasi persyaratan pendirian bentuk badan hukum bank 3.3 Memahami lembaga keuangan 4.3 Melakukan klasifikasi lembaga keuangan bank dan non bank 3.4 Memahami uang 4.4 Mengklasifikasikan berbagai jenis uang 3.5 Memahami bank di Indonesia 4.5 Mengklasifikasikan jenis-jenis bank dan kantor bank di Indonesia 3.6 Memahami kegiatan usaha bank umum dan dan bank perkreditan rakyat 4.6 Mengklasifikasikan kegiatan usaha bank umum dan bank perkreditan rakyat 3.7 Menerapkan simpanan dana giro 4.7 Menghitung simpanan dana giro 3.8 Menerapkan simpanan dana tabungan 4.8 Menghitung simpanan dana tabungan 3.9 Menerapkan simpanan dana deposito 4.9 Menghitung simpanan dana deposito 3.10 Mengevaluasi kredit perbankan 4.10 Menyusun laporan kredit perbankan KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN/MADRASAH ALIYAH KEJURUAN Bidang Keahlian : Bisnis Manajemen Program Keahlian : Akuntansi dan Keuangan Kompetensi Keahlian : Perbankan Syariah (C3) Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspekaspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler. Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggungjawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik. Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut. KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN) KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN) 3. Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Perbankan Syariah pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga 4. Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Perbankan Syariah. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN) KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN) masyarakat nasional, regional, dan internasional. terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Mata Pelajaran : Pengelolaan Kas Jam Pelajaran : 144 JP (@ 45 Menit) KOMPETENSI DASAR KOMPETENSI DASAR 3.1 Menganalisis dokumen kas kecil 4.1 Membuat dokumen kas kecil 3.2 Menganalisis kas kecil 4.2 Membuat kas kecil 3.3 Menerapkan penyusunan berita acara pemeriksaan kas kecil 4.3 Menyusun berita acara pemeriksaan kas kecil 3.4 Menerapkan pencatatan penerimaan kas bank 4.4 Melakukan pencatatan penerimaan kas bank 3.5 Menerapkan pencatatan pengeluaran kas bank 4.5 Melakukan pencatatan pengeluaran kas bank 3.6 Menerapkan pembuatan laporan penerimaan dan pengeluaran kas bank 4.6 Membuat laporan penerimaan dan pengeluaran kas bank 3.7 Menerapkan kliring 4.7 Melakukan kliring 3.8 Menganalisis laporan kliring 4.8 Membuat laporan kliring 3.9 Menganalisis penyusunan laporan rekonsiliasi bank 4.9 Menyusun laporan rekonsiliasi bank 3.10 Mengevaluasi laporan rekonsiliasi bank 4.10 Merevisi laporan rekonsiliasi bank Mata Pelajaran : Ekonomi Islam Jam Pelajaran : 280 JP (@ 45 Menit) KOMPETENSI DASAR KOMPETENSI DASAR 3.1 Memahami ekonomi Islam 4.1 Mengelompokan ciriciri ekonomi Islam 3.2 Memahami pemikiran tokoh ekonomi Islam 4.2 Melakukan identifikasi pemikiran tokoh ekonomi Islam 3.3 Menganalisis perkembangan perbankan syariah di Indonesia 4.3 Membuat laporan hasil analisis perkembangan perbankan syariah di Indonesia 3.4 Memahami hukum ekonomi Islam 4.4 Melakukan klasifikasi hukum ekonomi Islam 3.5 Memahami motif dan prinsip ekonomi Islam 4.5 Melakukan klasifikasi motif dan prinsip ekonomi Islam 3.6 Menerapkan hukum permintaan menurut Islam 4.6 Melakukan transaksi permintaan menurut Islam 3.7 Menerapkan hukum penawaran menurut Islam 4.7 Melakukan transaksi penawaran menurut Islam 3.8 Menerapkan prinsip produksi Islam 4.8 Melakukan produksi menurut prinsip Islam 3.9 Menerapkan prinsip konsumsi Islam 4.9 Melakukan prinsip konsumsi Islam 3.10 Menerapkan prinsip dasar distribusi Islam 4.10 Melakukan prinsip distribusi Islam 3.11 Memahami riba dalam lembaga keuangan non Bank 4.11 Melakukan pengelompokkan riba dalam lembaga keuangan non Bank 3.12 Memahami zakat, infaq, shadaqah, wakaf dalam kegiatan muamalah 4.12 Mengelompokan zakat, infaq, shadaqah, wakaf dalam kegiatan muamalah 3.13 Menerapkan penghitungan zakat dalam kegiatan muamalah 4.13 Menghitung zakat dalam kegiatan muamalah 3.14 Memahami akad transaksi dalam fiqh muamalah 4.14 Melakukan identifikasi akad transaksi dalam fiqh muamalah 3.15 Menerapkan akad transaksi dalam jual beli (al ba’i) 4.15 Melakukan akad transaksi dalam jual beli (al ba’i) KOMPETENSI DASAR KOMPETENSI DASAR 3.16 Memahami akad transaksi dalam kerja sama (syirkah) 4.16 Melakukan identifikasi perbedaan akad transaksi dalam kerja sama (syirkah) 3.17 Menganalisis data pembuatan SPT pajak penghasilan (PPh) Pasal 21 4.17 Melakukan perhitungan pajak penghasilan (PPh psl 21) 3.18 Menganalisis perhitungan SPT pajak penghasilan (PPh) Pasal 24 4.18 Melakukan perhitungan pajak penghasilan (PPh psl 24) 3.19 Menganalisis data pembuatan SPT pajak penghasilan atas bagi hasil dan bonus (PPh) Pasal 26 4.19 Melakukan perhitungan pajak penghasilan atas bagi hasil dan bonus (PPh psl 26) 3.20 Mengevaluasi penerapan akad pada transaksi produk pembiayaan bank syariah 4.20 Membuat laporan hasil evaluasi penerapan akad pada transaksi produk pembiayaan bank syariah Mata Pelajaran : Layanan Lembaga Keuangan Syariah Jam Pelajaran : 418 JP (@ 45 Menit) KOMPETENSI DASAR KOMPETENSI DASAR 3.1 Memahami layanan lembaga keuangan syariah 4.1 Melakukan klasifikasi layanan lembaga keuangan syariah 3.2 Menganalisis sumber dana bank syariah 4.2 Memilih sumber dana bank syariah 3.3 Menerapkan penghimpunan dana bank syariah 4.3 Melakukan penghimpunan dana bank syariah 3.4 Menerapkan pembiayaan pada bank syariah dengan sistem bagi hasil 4.4 Melakukan pembiayaan pada bank syariah dengan sistem bagi hasil 3.5 Menerapkan pembiayaan pada bank syariah dengan sistem jual beli 4.5 Melakukan pembiayaan pada bank syariah dengan sistem jual beli 3.6 Menganalisis sistem bagi hasil dan bonus pada produk penghimpunan dana bank syariah 4.6 Menghitung bagi hasil dan bonus pada produk penghimpunan dana bank syariah 3.7 Menganalisis sistem bagi hasil dan margin produk pembiayaan bank syariah 4.7 Menghitung bagi hasil dan margin pada produk pembiayaan bank syariah 3.8 Menerapkan pembelian dan penjualan Surat Berharga Pasar Uang (SBPU) Sertifikat Wadiah Bank Indonesia (SWBI) dan valuta asing pada akad sharf 4.8 Melakukan pembelian dan penjualan Surat Berharga Pasar Uang (SBPU), Sertifikat Wadiah Bank Indonesia (SWBI) dan valuta asing pada akad sharf 3.9 Menerapkan penggunaan kartu ATM, kartu kredit, dan travelling cheque 4.9 Melakukan transaksi dengan kartu ATM, kartu kredit, dan travelling cheque 3.10 Menerapkan penggunaan safe deposit box 4.10Melakukan transaksi safe deposit box 3.11 Menerapkan Letter of Credit (L/C), leasing syariah (ijarah muntahiya bittamlik), dan bank garansi 4.11Menyusun Letter of Credit (L/C) leasing syariah (ijarah muntahiya bittamlik), dan bank garansi 3.12 Menganalisis pencatatan modal ventura syariah, pegadaian syariah, dan asuransi syariah 4.12Mencatat modal ventura syariah, pegadaian syariah, dan asuransi syariah KOMPETENSI DASAR KOMPETENSI DASAR 3.13 Menganalisis transaksi pasar modal syariah 4.13Melakukan transaksi pasar modal syariah 3.14 Menganalisis transaksi dana pensiun syariah 4.14Melakukan transaksi dana pensiun syariah 3.15 Menganalisis transaksi koperasi jasa keuangan syariah 4.15Melakukan transaksi koperasi jasa keuangan syariah 3.16 Menganalisis transaksi anjak piutang syariah 4.16Melakukan transaksi anjak piutang syariah 3.17 Menerapkan penghimpunan dan penyaluran dana bank syariah 4.17Melakukan penghimpunan dan penyaluran dana bank syariah 3.18 Menganalisis kelayakan pembiayaan nasabah 4.18Menetapkan kelayakan pembiayaan nasabah 3.19 Mengevaluasi layanan bank syariah 4.19Membuat laporan evaluasi layanan bank syariah Mata Pelajaran : Akuntansi Perbankan Syariah Jam Pelajaran : 490 JP (@ 45 Menit) KOMPETENSI DASAR KOMPETENSI DASAR 3.1 Memahami perbedaan akuntansi perbankan syariah dengan akuntansi keuangan 4.1 Memilah akuntansi perbankan syariah dengan akuntansi keuangan 3.2 Menganalisis persamaan dasar akuntansi perbankan syariah 4.2 Membuat persamaan dasar akuntansi perbankan syariah 3.3 Menerapkan mekanisme debit kredit akuntansi perbankan syariah 4.3 Melakukan mekanisme debit kredit akuntansi perbankan syariah 3.4 Menganalisis pencatatan transaksi tabungan pada bank syariah 4.4 Mencatat transaksi tabungan pada bank syariah 3.5 Menganalisis pencatatan transaksi giro pada bank syariah 4.5 Mencatat transaksi giro pada bank syariah 3.6 Menganalisis pencatatan transaksi deposito pada bank syariah 4.6 Mencatat transaksi deposito pada bank syariah 3.7 Menganalisis pencatatan transaksi sumber dana wadiah 4.7 Mencatat transaksi sumber dana wadiah 3.8 Menganalisis pencatatan transaksi pembiayaan murabahah pada bank syariah 4.8 Mencatat transaksi pembiayaan murabahah pada bank syariah 3.9 Menganalisis pencatatan transaksi pembiayaan mudharabah pada bank syariah 4.9 Mencatat transaksi pembiayaan mudharabah pada bank syariah 3.10 Menganalisis pencatatan transaksi pembiayaan musyarakah pada bank syariah 4.10 Mencatat transaksi pembiayaan musyarakah pada bank syariah 3.11 Menganalisis pencatatan transaksi valuta asing (sharf) 4.11 Mencatat transaksi valuta asing (sharf) 3.12 Menganalisis pencatatan transaksi kartu ATM, kartu kredit syariah dan travelling cheque 4.12 Mencatat transaksi kartu ATM, kartu kredit syariah dan travelling cheque KOMPETENSI DASAR KOMPETENSI DASAR 3.13 Menganalisis pencatatan transaksi safe deposit box pada bank syariah 4.13 Mencatat transaksi safe deposit box pada bank syariah 3.14 Menganalisis pencatatan transaksi Letter of Credit pada bank syariah 4.14 Mencatat transaksi Letter of Credit pada bank syariah 3.15 Menganalisis pencatatan transaksi bank garansi pada bank syariah 4.15 Mencatat transaksi bank garansi pada bank syariah 3.16 Menganalisis pencatatan transaksi pembiayaan salam pada bank syariah 4.16 Mencatat transaksi pembiayaan salam pada bank syariah 3.17 Menganalisis pencatatan transaksi pembiayaan isthisna pada bank syariah 4.17 Mencatat transaksi pembiayaan isthisna pada bank syariah 3.18 Menganalisis pencatatan ke dalam buku besar 4.18 Memposting ke dalam buku besar 3.19 Menganalisis penyusunan neraca saldo 4.19 Menyusun neraca saldo 3.20 Menganalisis penyusunan neraca lajur 4.20 Menyusun neraca lajur 3.21 Menganalisis jurnal penyesuaian 4.21 Membuat jurnal penyesuaian 3.22 Menganalisis penyusunan laporan keuangan bank syariah 4.22 Menyusun laporan keuangan bank syariah 3.23 Mengevaluasi laporan keuangan bank syariah 4.23 Membuat rumusan hasil evaluasi laporan keuangan bank syariah Mata Pelajaran : Komputer Akuntansi Jam Pelajaran : 382 JP (@ 45 Menit) KOMPETENSI DASAR KOMPETENSI DASAR 3.1 Menerapkan program komputer akuntansi 4.1 Menginstal program komputer akuntansi 3.2 Menerapkan komputerisasi file data akuntansi untuk perusahaan jasa 4.2 Melakukan komputerisasi file data akuntansi untuk perusahaan jasa 3.3 Menganalisis daftar akun untuk perusahaan jasa 4.3 Menyusun daftar akun untuk perusahaan jasa 3.4 Menganalisis saldo kartu piutang, kartu utang, kartu item perlengkapan (supplies), kartu item pelayanan jasa atau kartu item barang dagang, kartu aset tetap pada perusahaan jasa 4.4 Melakukan entry saldo kartu piutang, kartu utang, kartu item perlengkapan (supplies), kartu item pelayanan jasa atau kartu item barang dagang, kartu aset tetap pada perusahaan jasa 3.5 Menganalisis transaksi pembelian bahanbahan, perlengkapan (supplies), aset tetap, dan pembayaran utang pada perusahaan jasa 4.5 Melakukan entry transaksitransaksi pembelian bahanbahan, perlengkapan (supplies), aset tetap dan pembayaran utang pada perusahaan jasa 3.6 Menganalisis transaksi penjualan jasa dan transaksi pelunasan piutang jasa pada perusahaan jasa 4.6 Melakukan entry transaksi penjualan jasa dan transaksi pelunasan piutang jasa pada perusahaan jasa 3.7 Menganalisis transaksi penerimaan uang tunai/ kas di bank (bukan dari hasil penjualan jasa) dan pengeluaran uang tunai/kas di bank untuk pembayaran bebanbeban pada perusahaan jasa 4.7 Melakukan entry transaksi yang terkait dengan penerimaan uang tunai/ kas di bank (bukan dari hasil penjualan jasa) dan pengeluaran uang tunai/kas di bank untuk pembayaran bebanpada perusahaan jasa 3.8 Menganalisis transaksi penyesuaian (adjustments) pada perusahaan jasa 4.8 Melakukan entry transaksi penyesuaian (adjustments) pada perusahaan jasa 3.9 Mengevaluasi laporan keuangan perusahaan jasa 4.9 Mencetak laporan keuangan perusahaan jasa KOMPETENSI DASAR KOMPETENSI DASAR 3.10 Menerapkan file backup untuk data akuntansi perusahaan jasa 4.10 Membuat file backup untuk data akuntansi perusahaan jasa 3.11 Menerapkan komputerisasi file data akuntansi untuk perusahaan dagang 4.11 Melakukan komputerisasi file data akuntansi untuk perusahaan dagang 3.12 Menganalisis daftar akun untuk perusahaan dagang 4.12 Menyusun daftar akun untuk perusahaan dagang 3.13 Menganalisis pencatatan saldo kartu piutang, kartu utang, kartu item perlengkapan (supplies), kartu item barang dagang dan kartu aset tetap pada perusahaan dagang 4.13 Melakukan entry saldo kartu piutang, kartu utang, kartu item perlengkapan (supplies), kartu item barang dagang dan kartu aset tetap pada perusahaan dagang 3.14 Menganalisis pencatatan transaksi pembelian bahanbahan perlengkapan (supplies), barang dagangan, aset tetap dan transaksi pembayaran utang pada perusahaan dagang 4.14 Melakukan entry transaksi pembelian bahanbahan perlengkapan (supplies), barang dagangan, aset tetap dan transaksi pembayaran utang pada perusahaan dagang 3.15 Menganalisis transaksi penjualan barang dagangan dan transaksi pelunasan piutang pada perusahaan dagang 4.15 Melakukan entry transaksi penjualan barang dagangan dan transaksi pelunasan piutang dagang pada perusahaan dagang 3.16 Menganalisis transaksi penerimaan uang tunai/ kas di bank (bukan dari hasil penjualan barang dagangan) dan pengeluaran uang tunai/kas di bank untuk pembayaran bebanbeban pada perusahaan dagang 4.16 Melakukan entry transaksitransaksi yang terkait dengan penerimaan uang tunai/ kas di bank (bukan dari hasil penjualan barang dagangan) dan pengeluaran uang tunai/kas di bank untuk pembayaran bebanbeban pada perusahaan dagang 3.17 Menganalisis transaksi penyesuaian (adjustments) pada perusahaan dagang 4.17 Melakukan entry transaksi penyesuaian (adjustments) pada perusahaan dagang 3.18 Menganalisis laporan keuangan perusahaan dagang 4.18 Mencetak laporan keuangan perusahaan dagang KOMPETENSI DASAR KOMPETENSI DASAR 3.19 Menerapkan file backup untuk data akuntansi perusahaan dagang 4.19 Membuat file backup untuk data akuntansi perusahaan dagang 3.20 Menerapkan komputerisasi file data akuntansi untuk bank syariah 4.20 Melakukan komputerisasi file data akuntansi untuk bank syariah 3.21 Menganalisis daftar akun bank syariah 4.21 Menyusun daftar akun bank syariah 3.22 Menganalisis saldo piutang, utang, kartu item perlengkapan/supplies dan kartu asset tetap pada bank syariah 4.22 Melakukan entry saldo piutang, utang, kartu item perlengkapan/supplies dan kartu asset tetap pada bank syariah pada bank syariah. 3.23 Menganalisis pencatatan transaksi penghimpunan dan penyaluran pada bank syariah 4.23 Melakukan entry transaksi penghimpunan dan penyaluran pada bank syariah.syariah 3.24 Menganalisis pencatatan transaksi biaya operasional pada bank syariah 4.24 Melakukan entry transaksi biaya biaya operasional pada bank syariah 3.25 Menganalisis pencatatan transaksi berbasis fee pada bank syariah 4.25 Melakukan entry transaksi berbasis fee pada bank syariah 3.26 Menganalisis transaksi penyesuaian (adjustments) pada bank syariah 4.26 Melakukan entry transaksi penyesuaian (adjustments) pada bank syariah 3.27 Mengevaluasi laporan keuangan bank syariah 4.27 Menbuat laporan keuangan bank syariah 3.28 Menerapkan file backup untuk data akuntansi bank syariah 4.28 Membuat file backup untuk data akuntansi bank syariah Mata Pelajaran : Produk Kreatif dan Kewirausahaan Jam Pelajaran : 524 JP (@ 45 Menit) KOMPETENSI DASAR KOMPETENSI DASAR 3.1 Memahami kewirausahawan dan wirausaha 4.1 Melakukan pengelompokan karakter wirausaha 3.2 Menganalisis peluang usaha produk barang/jasa 4.2 Merencanakan produk usaha 3.3 Menerapkan dokumen administrasi usaha 4.3 Membuat dokumen usaha 3.4 Menganalisis kebutuhan sumberdaya usaha 4.4 Membuat perencanaan kebutuhan sumberdaya usaha 3.5 Menganalisis sistem layanan usaha 4.5 Merencanakan sistem layanan usaha 3.6 Menerapkan layanan usaha 4.6 Melakukan layanan usaha 3.7 Menerapkan media promosi pemasaran 4.7 Membuat media promosi untuk pemasanan 3.8 Menghitung harga pokok produksi 4.8 Menentukan BEP dan keuntungan usaha 3.9 Menganalisis pemasaran produk 4.9 Melakukan pemasaran produk 3.10 Menganalisis laporan keuangan sederhana 4.10 Membuat laporan keuangan sederhana 3.11 Mengevaluasi hasil kegiatan usaha 4.11 Membuat perencanaan tindak lanjut hasil evaluasi usaha 3.12 Menerapkan media promosi untuk pemasaran online 4.12 Membuat media promosi untuk pemasaran online 3.13 Menganalisis pemasaran online 4.13 Melakukan pemasaran online 3.14 Menerapkan pengajuan Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) 4.14 Membuat pengajuan dokumen untuk perolehan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kehidupan Masa Pra Aksara di Indonesia

Periodisasi zaman praaksara   Periodisasi zaman pra aksara dapat dibedakan berdasarkan geologi (ilmu yang mempelajari bebatuan)  ( Diambil d...