8 Penyelewengan Aqidah Syi’ah Al Khumaini Menurut Syaikh Sa’id Hawwa
Tahun 1978/1979 telah menyaksikan kebangkitan besar-besaran pengaruh
Syi’ah di bawah kepimpinan Ayatullah Khumaini menjatuhkan kepimpinan
diktator Syah Iran, Muhammad Reza Pahlavi. Proklamasi Khumaini terhadap
pembentukan Republik Islam Iran untuk menggantikan kerajaan Syah Iran,
dilihat oleh dunia sebagai pencetusan suatu momentum besar terhadap
kebangkitan kembali pemerintahan Islam di dunia.
Namun, menurut Ustadz Hazrizal Abdul Jamil, penelitian yang dibuat
terhadap Republik Islam Iran telah memperlihatkan kenyataan yang
berbeda. Ia adalah sebuah kebangkitan yang amat khusus mewakili kelompok
Syi’ah Imamiah semata-mata tanpa sembarang bekerjasama visi dan misi
dengan Sunni.
Almarhum Syaikh Sa’id Hawwa yang memimpin gerakan Islam di
Syria telah berkunjung ke Iran untuk bertemu sendiri dengan Khumaini dan
meneliti sejauh mana Khumaini serius di dalam usahanya membebaskan bumi
Palestina yang terjajah. Akan tetapi, hakikatnya adalah sangat
mengejutkan. Bagi Said Hawwa, Khumaini dan Revolusinya itu, hanyalah
lanjutan kepada makar Syi’ah yang dusta. Sekembalinya beliau dari Iran,
Said Hawwa telah menulis sebuah makalah bertajuk Al Khumainiyah: Syudzuz fi Al ‘Aqaid wa Al Mawaqif (Khumainisme: Keganjilan Pada Aqidah dan Pendirian Politik).
Khumaini telah melanjutkan celaan Syi’ah terhadap para Sahabat, bahkan
peminggiran secara terorganisir terhadap ajaran Ahli Sunnah dan
identitas selain Syi’ah yang telah dilakukan secara terang-terangan.
Syaikh Sa’id Hawwa telah menguraikan dengan terperinci segala
perkembangan aktual golongan Syi’ah pasca Revolusi Iran di tanah air
umat Islam. Hakikat Hizbullah dan Harakah Al Amal,
perkembangan di Lebanon, Syria, Turki, Pakistan dan India, pemisahan
Pakistan Timur (Bangladesh), bahkan mengunjur hingga ke Afrika, semuanya
menggambarkan siapakah sebenarnya pendukung Khumaini sma dan apakah
hakikat mereka. Catatan paling hitam peperangan Iran – Iraq telah
meninggalkan kesan yang amat mendalam kepada kekuatan umat di wilayah
tersebut.
Beliau juga menjelaskan tentang kerjasama-kerjasama khusus Iran
dengan negara-negara seperti Libya, Lebanon, bahkan dengan Israel dan
Uni Soviet. Said Hawwa menekankan tentang lawatan terus menerus
wakil-wakil kerajaan Soviet Union ke Iran yang mana semua itu
kontradiktif dengan seruan-seruan Khumaini di era Revolusi Iran yang
diperjuangkannya.
Dalam kitab tersebut, Syaikh Sa’id Hawwa menyebutkan, semenjak
tersebarnya pengaruh Syi’ah yang mempunyai berbagai tafsiran dan
pandangan agama yang ganjil-ganjil, menyebabkan banyak kerusakan
terjadi, lebih-lebih lagi dalam aspek aqidah. Adapun pengaruh tersebut
kadang-kadang akan membawa kepada kekufuran.
Setelah itu timbullah berbagai firqah (kelompok/kumpulan)
dalam Syi’ah seperti Ismailiah, Nusairiah, Alawiyyah, Druze, dan
lain-lain yang merupakan kelompok-kelompok Bathiniah yang bersepakat
dalam mengkafirkan kelompok Ahli Sunnah wal Jamaah dan Syi’ah Istna
‘Asyariyah.
Sesungguhnya Syi’ah Itsna ‘Asyariyah (yang diimani oelh Al Khumaini)
banyak berselisih dalam berbagai masalah Ushul dan furu’ dengan
kelompok-kelompok tersebut namun mereka itu dianggap rakan karib dalam
memerangi kelompok Ahli Sunnah wal Jama’ah.
Di anntara Aqidah dan pegangan nyeleneh yang diimani oleh Khumaini
secara ringkas, sebagaimana disebutkan Syaikh Sa’id Hawwa adalah sebagai
berikut:
1. Berlebihan dalam Berpegang kepada 12 Imam Mereka (konsep Imamah)
Sebagaimana maklum bahwa pengikut agama Kristen (setelah agama mereka
diubah) menjadikan Nabi Isa ‘Alaihis Salam sebagai Tuhan, begitulah
juga Al Khumaini dan pengikutnya, mendakwa Imam-imam mereka itu maksum
(dari tersalah, lupa, lalai, tidak pernah lakukan dosa) bahkan wajib
bagi setiap pengikut Syi’ah menganggapnya sebagai perkara ushul yang
perlu diimani.
Sebagaimana yang dinyatakan oleh Al Kulaini dalam kitabnya Ushul Al Kafi (kitab
yang paling muktabar selepas Al Quran di sisi Syi’ah) mereka mengatakan
bahwa Imam-imam mereka lebih tinggi kedudukan dari Nabi-nabi termasuk
Nabi Muhammad Shalallahu ‘Alaihi wa Sallam.[1]
Mereka juga berpendapat bahwa Imam-imam mereka menyamai dengan Ilmu Allah dalam mengetahui perkara-perkara ghaib.[2]
Perkara-perkara tersebut dinyatakan senndiri oleh Khumaini dalam kitabnya:
“Adapun perkara yang wajib berpegang dalam mazhab kita, bahwa tidak ada
yang boleh menyamai kedudukan Imam-imam kita walaupun siapa pun
Malaikat dan Nabi sekalipun yang diutus.”[3]
2. Berpendapat bahwa Al Quran telah diubah dan diputarbalikkan
Mereka berpendapat bahwa Al Quran telah diubah dengan beberapa
tambahan dan pengurangan. Aqidah ini muncul secara jelas ketika kurun
ke-2 Hijriyah.
Kemudian dihidupkan kembali pada era pemerintahan Safavid oleh Mirza
Hussien Al Nuri Al Thabarisi pada kurun ke-13 Hijriyah melalui kitabnya “Faslu Al Khitab fi Ithbat Tahrifi Kitabi Rabbil Arbab.” Dalamnya memuatkan lebih dari 2000 riwayat yang dianggap Syi’ah sudah diseleweng.
Imam Al Kulaini ada menyatakan dalam kitabnya: “Sesungguhnya apa yang benar pada kita sekarang adalah Mushaf dari Fatimah saja.”[4]
Imam Al Kulaini ada menyatakan dalam kitabnya: “Sesungguhnya apa yang benar pada kita sekarang adalah Mushaf dari Fatimah saja.”[4]
Begitu juga Imam Al Baqir ada menyatakan: “Sesungguhnya banyak dan jelas tentang pengurangan Al Quran dan penukarannya”[5]
Al Khumaini ada menyatakan dalam Kasyful Asrar: “Perkara
ini amatlah mudah bagi mereka (sahabat-sahabat Nabi), bahwasanya mereka
semua telah mengeluarkan sebagian dari riwayat dan ayat-ayat Al Quran
dan memindah masuk dari kitab-kitab Samawi lain dengan penelewengan.”
3. Pandangan mereka terhadap hadits-hadits Nabi Shalallahu ‘Alaihi wa Sallam
Telah bersepakat kesemua pengikut Syi’ah bahwasanya tidak boleh
behujjah (tidak boleh dijadikan hukum dan panduan) dari Sunnah Nabi
kecuali apa yang selari dengan pegangan mereka. Mereka menyatakan bahwa
umat Islam keseluruhannya telah murtad selepas kewafatan Nabi Shalallahu
‘Alaihi wa Sallam, kecuali empat orang saja (Salman Al Farisi, Miqdad
bin Aswad, Abu Dzar Al Ghifari, Ammar bin Yassir).
Banyak dari hadits yang sampai kepada tahap Mutawatir [6] mereka menafikannya dari Nabi Shalallahu ‘Alaihi wa Sallam. Begitu juga hadits-hadits Shahih yang tidak sesuai dengan pandangan mereka dikatakan palsu.
Sebagaimana yang dikatakan oleh Syeikh Muhammad Hassan Ali Kasyif Al Ghita’: “Adapun
periwayatan Hadis Nabi Shalallahu ‘Alaihi wa Sallam yang sanadnya
melalui Abu Hurairah, Samurah bin Jundub, Marwan bin Al Hakam, Imran bin
Hattan, Amru bin Al Ash, di sisi Syi’ah Imamiah tidak mengakui
kedudukan mereka.”[7]
Al Khumaini dalam kitabnya ada menyebut: “Bahwasanya Abu Bakar Ash Shiddiq telah mereka-reka hadits palsu, begitu juga Samurah bin Jundub.” [8]
Sebagai ganti kepada sunnah yang didustakan, mereka beriman pula
dengan pendapat-pendapat khurafat yang dinisbahkan kepada para Imam-imam
mereka sebagaimana yang terdapat dalam Ushul Min Al Kafi
oleh Al Kulaini. Mayoritas riwayat di dalam ‘kitab suci’ Syi’ah ini
adalah riwayat marfu’ yang dinisbahkan kepada para imam oleh perawi yang
ada di antaranya hidup beberapa kurun selepas imam berkenaan!
Al Khumaini mengangkat riwayat-riwayat khurafat ini ke martabat Al Quran dengan kata-katanya: “Sesungguhnya pengajaran para imam adalah seperti pengajaran Al Quran yang wajib dilaksana dan dipatuhi.”
3. Pandangan mereka terhadap para sahabat Nabi Shalallahu ‘Alaihi wa Sallam.
Mereka secara terang-terangan mencerca para sahabat Nabi Shalallahu
‘Alaihi wa Sallam Mereka telah mengatakan sesat dan terang-terangan
melafazkan laknat kepada Abu Bakar, Umar, Utsman, Thalhah, Zubair, Abu
Ubaidah, Abdurrahman bin ‘Auf, Sayyidah ‘Aisyah dan lain-lain. Bahkan
sebagian mereka ada yang mengkafirkan sahabat.
Al Khumaini juga menyebut: “Adapun kita tidak bersama dengan
kedua-duanya (Abu Bakar dan Umar) terhadap apa yang mereka berdua telah
bersalahan dengan Al Quran dan bermain-main dengan hukum-hukum Allah,
apa yang yang dihalalkan dan diharamkan dalam Al Quran adalah dari
pandangan mereka berdua, mereka berdua telah menindas Fatimah dan
bermusuh dengan anak cucunya, bahkan apa yang kita dapati dari mereka
berdua itu adalah jahil dengan hukum Allah dan agama.”[9]
Mereka tetap berpegang bahwa Nabi Shalallahu ‘Alaihi wa Sallam telah
melantik Ali bin Abi Thalib sebagai khalifah selepas kewafatan baginda
dengan berpegang kepada hadits Nabi Shalallahu ‘Alaihi wa Sallam Namun
para sahabat telah mengingkari dan mengkhianati Ali arahan Nabi lalu
memilih Abu Bakar sebagai pengganti.
4. Merendahkan kedudukan Nabi sebagai Rasul.
Pada pandangan mereka, wajib bagi Nabi Shalallahu ‘Alaihi wa Sallam mempunyai sifat taqiyyah
(berolok-olok demi melepaskan diri sebagaimana sifat munafik dengan
perbuatan atau lisan) karena takut apabila menerima ancaman dan
intimidasi dalam melakukan dakwah. Bahkan harus bagi Nabi nyatakan
kekufuran demi menjaga nyawa baginda.
Mereka menyamakan kedudukan Nabi Shalallahu ‘Alaihi wa Sallam dengan
Ali bin Abi Thalib. Bahwa Nabi Shalallahu ‘Alaihi wa Sallam bersama-sama
dengan Ali ketika peristiwa Isra’ Mi’raj dan masing-masing menerima
wahyu. Cuma bedanya adalah Nabi Shalallahu ‘Alaihi wa Sallam secara musyahadah (bersaksi dengan mata kepala akan Dzat Allah yang Maha Agung) adapun Ali mendengar Kalamullah Al Qadim saja.[10]
5. Mengingkari dan menyalahi dari Ijma’
Antaranya adalah mereka mengharuskan Nikah Mut’ah [11] yang menyalahi dengan Ijma’ (Imam Malik, Hanbali, Syafi’i, Hanafi dan semua Imam-imam Muslim, kecuali Syi’ah).
Sedangkan Ibn ‘Abbas pernah menyatakan dalam khutbahnya yang diriwayatkan oleh Sa’id bin Jabir bahwa: “Sesungguhnya nikah mut’ah itu seumpama bangkai, darah dan daging babi (yang haram dimakan).”
Hal itu umpama memperdagangkan wanita-wanita dengan beberapa
perjanjian berbentuk kontrak dan sedikit bayaran demi memuaskan nafsu.
Boleh dijual beli tanpa harga diri sedangkan Islam mengambil berat
tentang keturunan dan kehormatan.[12]
7. Pendirian Syi’ah terhadap Ahli Sunnah wal Jamaah
”Syi’ah Itsna ‘Asyariah berpendapat, siapa saja yang tidak beriman
kepada 12 imam mereka, maka diharamkan baginya Syurga dan wajib masuk
Neraka. Bagi mereka, Al Quran dan Sunnah telah diubahsuai maka harus
untuk menyalahi dan menyanggahinya.
Al Khumaini dalam kitabnya: “Bahwa boleh jadi nash-nash dari Ahli
Sunnah wal Jama’ah terbagi kepada dua: (1) Sejalan dengan Al Quran dan
Sunnah, (2) salah kesemuanya.”[13]
Sebab itulah mereka tidak berpegang dengan Sunnah Nabi dan fatwa
Imam-imam Mujtahid seperti Imam Malik, Hanbali, Syafi’i dan Hanafi
bahkan mereka menyarankan untuk mengingkarinya. Apabila bergaul dengan pengikut Ahli Sunnah wal Jamaah, mereka anggap sama bergaul dengan Yahudi dan Kristen yang wajib untuk membantahnya.
8. Berlebihannya mereka dalam memuja Fatimah Az Zahra’
Dalam kitab-kitab Syi’ah menyebutkan bahwa Fatimah Az Zahra’ juga
menerima wahyu dari Allah Ta’ala seusai ayahnya (Rasulullah Shalallahu
‘Alaihi wa Sallam) menerima wahyu. Al Khumaini menambah dalam
kenyataannya bahwa Fatimah Az Zahra’ diangkat kedudukannya sehingga
sebaris bersama Nabi-nabi ‘Alaihis Salam.
Kenyataannya ketika menguraikan Ushul Al Kafi: “Setelah
wafat Rasulullah 75 hari, telah datang Jibril menemui Fatimah dengan
mengucapkan takziah dan memberitahu perkara-perkara yang akan terjadi
nanti (sebagaimana wahyu yang diterima oleh Rasulullah).”
Al Khumaini mendakwa bahwa kesuksesannya dalam Revolusi Iran adalah sebagian dari apa yang diberitakan Jibril kepada Fatimah.
Dia berkata lagi: “Turunnya Jibril kepada kepada seseorang
bukanlah perkara yang remeh temeh melainkan terhadap mereka yang
benar-benar agung, ini boleh dinisbahkan tingkatan yang pertama (paling
agung) sebagaimana turunnya Jibril kepada Isa, Musa, Ibrahim dan
seumpama mereka para Nabi dan Rasul.”[14]
_______________________________
[1] Kitab Hayatil Qulub oleh Imam Muhammad Al Baqir Al Majlisi: juzu’ 3 hal. 10
[2] Kitab Ushul Al Kafi oleh Imam Muhammad bin Yaakub Al Kulaini: hal. 287
[3] Kitab Al Hukumah Islamiyyah oleh Ayatullah Khumaini: hal. 52
[4] Ushul Al Kafi: hal. 239
[5] Kitab Mir’aatul Qulub oleh Muhammad Al Baqir Al Majlisi: hal. 253
[6] Mutawatir
ialah hadits Nabi yang diriwayatkan oleh banyak sahabat yang tidak
mungkin bersepakat para sahabat untuk menipu dan memalsukannya.
[7]
Kitab Aslu Al Syi’ah wa Usuliha oleh Syeikh Muhammad Husain Ali Kasyif
Al Ghita’: hal. 79. Beliau juga dari Syi’ah Itsna ‘Asyariyah, namun
beliau banyak menyingkapkan berbagai kerusakan dan penyelewengan yang
dilakukan oleh Syi’ah Itsna ‘Asyariyah.
[8] Kitab Kasyful Asrar karangan Ayatullah Al Khumaini: hal. 11
[9] Kasyful Asrar: hal. 107-108
[10] Kitab As Syi’ah baina Al I’tidal wal Ghuluw oleh Dr. Anwar Hamid Isa: hal. 90
[11] Nikah Mut’ah
adalah nikah untuk melepaskan keinginan nafsu dan bersedap-sedap. Hukum
ini telah dinasakh dan Ijma’ mengharamkan pada zaman sekarang. Jika
dilakukan juga Hal itu menjadi zina.
[12] Al Syi’ah baina Al I’tidal wal Ghuluw: hal. 163
[13] Kitab Al Ta’adil wa Al Tarjih oleh Ayatullah Al Khumaini: hal. 82
[14] Pada hari Ahad bersamaan 2/3/1986 ketika sambutan kelahiran Sayyidah Fatimah Al Zahra
Redaktur: Shabra Syatila
sumber dari : http://www.fimadani.com/8-penyelewengan-aqidah-syiah-al-khumaini-menurut-syaikh-said-hawwa/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar